Rabithah Alawiyah Jember Jl. Hayam Wuruk 203 Jember, Rek. BCA : 024 020 6927

Senin, Maret 16, 2009

Selayang Pandang RABITHAH ALAWIYAH JEMBER

Alhamdulillah, Kabupaten Jember telah 14 tahun memiliki Rabithah Alawiyah sebuah wadah untuk Silaturrahmi, berbagai kegiatan sosial dan sekaligus membantu meringankan beban Alawiyyin. Pendiri Rabithah Alawiyah Jember adalah:
Habib Umar Bin Salim Bin Syaikh Abubakar, Habib Hamid Bin Husein Alhamid, Habib Abddullah Bin Ali Bin Syaikh Abubakar Dan dengan dukungan penuh dari Alm Habib Abdulkadir bin Abdullah Bin Syaikh Abubakar , Alm Habib Abubakar bin Umar Syahab, Alm Habib Ali Bin Muhammad Alhamid dan Habib Hasan Bin Alwi Alkaff serta Habib Husein Syafi’i Bin Muhdar Almuhdar beserta seluruh Alawiyyin di Jember.

Program Yang Aktif Dan Berjalan Hingga Saat Ini Antara lain:
Pertemuan Bulanan.
Setiap tanggal 5 diadakan pertemuan wajib bagi setiap pengurus dan anggota Rabithah Alawiyah Jember, bertempat di rumah anggota secara bergiliran.
Pertemuan ini diawali dengan pembacaan Maulid atau Tahlil dan diisi ceramah agama, kemudian laporan-laporan program yayasan yang telah berjalan selama satu bulan, juga langkah kerja untuk satu bulan kedepan.

Pendataan Alawiyyin.
Yayasan memiliki data seluruh keluarga Alawiyyin baik pria maupun wanita, Untuk program ini, pengurus Rabithah Alawiyah Jember menggunakan Kartu Keluarga Alawiyyin (mirip KK dari kelurahan) yang selalu direvisi apabila ada yang lahir maupun meninggal.
Data Kartu Keluarga Alawiyyin berguna selain untuk database yayasan, dapat pula dipergunakan untuk:
- Pembuatan buku anggota Alawiyyin yang dikeluarkan Rabithah Pusat
- Informasi pencarian person, apabila ada yang membutuhkan.
- Dan lain-lain




Bantuan Kesehatan.
Yayasan memberikan bantuan untuk setiap Alawiyyin dhuafa yang sakit, baik berobat jalan maupun rawat inap. Namun apabila dalam kasus tertentu membutuhkan jumlah diatas yang diberikan Rabithah, maka pengurus akan membantu dengan mendatangi para donatur yang siap sewaktu-waktu bila dibutuhkan. Yayasan juga memiliki data golongan darah keluarga alawiyyin untuk kebutuhan darah.

Bantuan Pinjaman Modal.
Program ini diberikan kepada Alawiyyin yang tidak memiliki modal untuk dapat memulai usaha baru dan sebagai penambahan modal untuk pengembangan usaha. Untuk start awal memulai usaha, Rabithah memberikan bantuan modal sebesar 2 juta rupiah.

Majalah IQRA’
Rabithah memiliki Majalah Iqra’ yang dikelola oleh Mahasiswa, Pemuda dan Pelajar alawiyyin Jember, mereka tergabung dalam wadah Organisasi Putra-Putri Fatimah. Iqra diterbitkan setiap bulan sekali, majalah ukhuwah Islamiyah ini selain untuk ajang kreasi dan wadah belajar juga sebagai sarana komunikasi antar keluarga alawiyyin sekaligus sarana sosialisasi program kerja Rabithah.

Website Rabitahjember.Com
Rabithah Jember tahun 2009 juga baru melaunching Website www.rabithahjember.com sebagai sarana informasi dan komunikasi. Web ini dikelola oleh team redaksi rabithah Jember

Beasiswa
Rabithah Jember memberikan bantuan beasiswa kepada para siswa putra putri alawiyyin yang tidak mampu dari sekolah dini hingga Sekolah Menengah Atas.

Kursus Ketrampilan
Program kursus pemberdayaan ini diberikan kepada Sayyid dan Syarifah untuk memiliki ketrampilan khusus sehingga diharapkan setelah lulus akan siap kerja. Untuk sayyid program kursus yang telah dibuka adalah kursus Elektronika dan Perbengkelan,Sedangkan untuk Syarifah di siapkan program kursus Kecantikan dan Menjahit.

Program Bantuan Tahunan Idul Fitri.
Bantuan tahunan Idul Fitri diberikan kepada keluarga Alawiyyin yang tidak mampu, agar dapat bersama- sama berbagi kebahagiaan dengan mereka. Sampai dengan tahun ini jumlah penerima bantuan tahunan adalah 426 jiwa, dan per jiwa menerima Rp.300 ribu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About This Blog

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP